27 Maret 2009

Bagaimana sih Cara Belajar yang baik???



Belajar bagi seorang pelajar adalah suatu kewajiban. Belajar merupakan alat penghubung dengan dunia luar. Belajar dapat dibagi menjadi beberapa kegiatan, seperti : membaca, menulis, belajar mengenai hal-hal baru dari seseorang, dan masih banyak lagi cara belajar yang lainnya. Menurut sumbernya, belajar dapat dibagi menjadi dua, yaitu :
1) Belajar secara pasif
2) Belajar secara Aktif

Belajar secara Pasif yaitu belajar dari hal-hal yang tidak langsung, contohnya belajar dari membaca buku, dari cerita teman, dan dari hal yang laiinnya yang bersifat tidak langsung.

Belajar secara Aktif yaitu belajar dari hal-hal yang langsung, contohnya belajar dari pengalaman diri sendiri, praktek di sekolah, di masyarakat, dan masih banyak hal-hal langsung yang dapat dikategorikan sebagai belajar.

Mungkin bagi sebagian besar orang, belajar merupakan suatu hal yang membosankan, bahkan sangat menjenuhkan. Hal ini terjadi karena orang tersebut menganggap belajar sebagi suatu hal yang rutin dilakukan, sehingga sangat membosankan. Sebaiknya agar kita tidak merasa mudah bosan dalam belajar, kita harus menganggap belajar sebagai satu hal yang pokok sama halnya seperti kita makan.

Berikut hal-hal yang sebaiknya dilakukan agar kita dapat belajar dengan baik, yaitu :
1. pastikan perut tidak lapar... soalnya kalau perut lapar nantinya kurang konsentrasi...
2. pastikan memahami dan mengerti materi yang diberikan oleh guru.
jika tidak mengerti tanyakan langsung tidak usah takut.....
3. perbanyak bacaan buku..
4. harus mempunyai target.. misalnya dalam satu minggu saya harus bisa menguasai satu bab..
5. ini yang penting.. jangan pernah bermain-main dengan waktu..
maksudnya.. kalau bisa dikerjakan sekarang ya kerjakan jangan menunggu nanti....

SEMOGA BERMANFAAT....

Tidak ada komentar: